Memaksimalkan Kualitas Ekspor Komoditi Pertanian

Masalah ekspor komoditi pertanian dalam suatu negara memang sangat menentukan kemajuan negara tersebut. Karena komoditi pertanian adalah kebutuhan utama bagi sebuah negara untuk mencukupi kebutuhan pangan dinegara itu. Jika suatu negara dapat memenuhi kebutuhan pangan dinegara itu tanpa melakukan kegiatan imporsama sekali, hal ini adalah suatu kondisi yang dapat disebut dengan negara maju dan berkembang. Selanjutnya juga apabila suatu negara dapat melakukan kegiatan ekspor komoditi pertanian akan lebih baik dan lebih bermutu.

Dalam kegiatan ekspor yang dilakukan Indonesia masih sering terkendala pada produknya. Komoditi yang diekspor masih saja ditolak oleh negara-negara tujuan karena kualitas produk yang diekspor masih tidak sesuai dengan permintaan negara tujuan atau masih buruknya standar kualitas produk indonesia. Sebagai negara yang besar dan yang sering disebut dengan negara agraris pasti kita merasa malu atas tindakan penolakan ekspor komoditi pertanian ini.

Kualitas adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam kegiatan ekspor dalam berbagai komoditi. Dalam komoditi pertanian hal yang menyebabkan kualitas produk yang diekspor tidak layak atau tidak sesuai dengan permintaan negara pengimpor adalah karena tingginya toksisitas yang merupakan zat racun berbahaya yang terkandung dalam produk tersebut.

Setiap kemasan yang dipakai harus terjamin dan dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Karena apabila kualitas dari kemasan juga tidak terjamin akan menyebabkan produk yang akan diekspor cepat rusak dan akan menjadikan penolakan kegiatan ekspor.

Setiap produk yang akan diekspor khususnya komoditi pertanian yang merupakan bahan pangan haruslah terjamin kebersihannya dan tahan lama supaya tidak terjadi pembusukan. Kendala pada kebersihan ini kerap terjadi karena kurangnya kegiatan sanitasi dan sterilisasi pada saat akan dilakukannya pengemasan.

Belajar dari negara lain kualitas ekspor pertanian kita

Sebagian besar penolakan ekspor terjadi karena faktor sanitasi, dari seluruh kasus penolakan yang ada pada kegiatan ekspor komoditi pertanian yang sering terjadi 40 sampai 60 persennya adalah disebabkan oleh sanitasi dan presentasinya ini berfluktuasi setiap tahunnya sejak tahun 2002.Hal ini lah salah satu upaya yang perlu diperhatikan oleh pemerintah untuk meningkatkan Standar Nasional Indonesia supaya kegiatan ekspor tidak akan terjadi lagi penolakan.

Pengembangan lembaga sertifikasi untuk kegiatan ekspor juga perlu dilakukan diberbagai daerah dan jangan hanya ditempat tertentu saja. Karena kualitas komoditi pertanian di setiap daerah pasti berbeda-beda,hal ini akan menyebabkan masalah baru bagi produk yang akan di ekspor. Perlunya penanganan kegiatan ekspor khususnya pada komoditi pertanian akan menimbulkan efek yang baik bagi kemajuan suatu negara. Jika Indonesia lancar dalam melakukan kegiatan ekspor dan tidak ada penolakan lagi akan menjadikan Indonesia sebagai negara terkenal dalam pengekspor pangan khususnya.

Peningkatan kualitas ekspor akan sangat membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakatnya dan meningkatkan kegiatan pertanian yang berkualitas tinggi. Karena dengan tingginya kegiatan ekspor akan menjadikan devisa negara ini semakin baik dan semakin tinggi. Selain itu hubungan kerja sama Indonesia dengan negara-negara pengimpor akan terealisasikan dengan baik dalam bebagai bidang. Di sisi lain kualitas ekspor pertanian kita tidak terlepas antara lain dari petaninya sendiri sebagai produsen, eksportir dan dukungan pemerintah. Walaupun kualitas ekspor pertanian yang berhubungan dengan daya saing produk itu sendiri tidak berdiri sendiri, melainkan merupakan resultante dari kebijakan di dalam negeri dan kebijakan dari negara-negara lain.

Disamping itu dapat kita maklumi bahwa produk hasil pertanian sebagian besar tidak tahan lama, artinya bila tidak dipasarkan dalam waktu dekat, maka produk pertanian tersebut berangsur-angsur akan rusak atau busuk. Dengan demikian bila boleh kita katakan untuk menjadi seorang eksportir hasil pertanian, biasanya berpikir dua kali bila dibandingkan menjadi eksportir non produk pertanian. Karena resikonya lebih tinggi, katakanlah bila perhitungan dari segi waktu meleset maka kerugianlah yang menanti. Sehingga tidak heran bila kita mendengar atau membaca lewat mass media bahwa eksportir hasil pertanian X tutup dan guling tikar karena faktor Y. Kepada siapa mereka harus menyerahkan kerugian ini? Sederhananya kita katakan, ini sudah menjadi resiko sebagai seorang eksportir.

Di samping diperlukan kuantitas dan kontinuitas, tanpa jaminan kualitas produk, petani  Indonesia tidak akan mampu menembus pasar global. Fakta menunjukkan bahwa sampai saat ini devisa negara yang diperoleh dari ekspor produk pertanian masih terbatas. Lagi-lagi penyebabnya produk-produk pertanian kita belum mampu bersaing dengan produk-produk pertanian dari negara-negara lain, terutama dari negara-negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Justru yang terjadi sebaliknya, pasar domestik kita mulai dikuasai oleh produk-produk pertanian luar negeri yang memiliki  kualitas lebih baik dan harga yang bersaing.

Bila kita lihat data nilai ekspor pertanian selama dua bulan pertama tahun 2008 misalnya hanya mencapai nilai 682,2 juta dolar AS atau sekitar 3,16% dari nilai total ekspor Indonesia yang mencapai 21.617,5 juta dolar. Walaupun dari segi nilai, kontribusi sektor pertanian memang masih di bawah sektor lain, tetapi dari segi angka pertumbuhan ekspor pertanian telah melebihi pertumbuhan ekspor sector lainnya..

Ketiga, penyediaan informasi baik melalui kearifan lokal setempat maupun fasilitasi dari pemerintah. Pilar yang ketiga inilah yang sangat penting dalam hubungannya dengan kualitas produk ekspor hasil pertanian kita. Pada umumnya petani kita memiliki kualitas modal sosial yang rendah yang berakibat terhadap minimnya akses terhadap informasi seperti informasi kualitas hasil pertanian yang dibutuhkan. Ditambah lagi dengan kurangnya informasi yang diberikan oleh pengusaha/eksportir terhadap komoditi yang mereka tanam, sehingga berdampak pula pada produk hasil pertanian yang dihasilkan.

Mengapa Produk Pertanian Kita Sulit Diekspor?

Semestinya pertanian dapat menjadi tulang punggung perekonomian bangsa mengingat  banyak produk pertanian yang potensial untuk diekspor. Selama ini pembangunan pertanian  diIndonesia  masih bertumpu kuat penyediaan pangan utama, khususnya beras, sementara produk-produk lain, misalnya buah tropis yang khas Indonesia masih  menjadi  prioritas  kedua  setelah  beras.  Kebijakan ini memang tidak sepenuhnya keliru, namun  potensi produk lokal yang seharusnya  dapat menjadi komoditas  perdagangan  internasional   menjadi terabaikan.

Beberapa faktor penting yang menentukan keberhasilan pembangunan pertanian, dalam konteks  yang luas, termasuk meningkatkan potensi ekspor, antara lain adalah: (1) ketersediaan  lahan  yang  sesuai untuk budidaya pertanian, (2) ketersediaan benih dan sarana  produksi  dalam  jumlah  yang  optimal, (3) kesiapan teknis budidaya termasuk penanganan pasca panen, (4) dukungan pembiayaan usaha tani, (5) faktor lingkungan, (6)  kebijakan  perdagangan  komoditas pertanian, (7) kebijakan umum pembangunan pertanian, (8) penyiapan  sumber daya manusia yang dapat diandalkan, dan (8) edukasi  masyarakat  terhadap  produk  pertanian.

Beberapa  hal  yang  dapat  menghambat perdagangan produk pertanian Indonesia ke pasar internasional  antara lain adalah: (1) hambatan non-tarif, misalnya Sanitary and Phytosanitary Measures, (2) ketidaksiapan petani di dalam  menjamin  kualitas  produk  pertanian, (3) kurangnya  pemahaman  mengenai pentingnya aspek pasca panen,  (4) kebijakan harga yang kurang  mendukung,   dan (5) lobi-lobi perdagangan yang kurang gencar. Dari sisi  hambatan  non-tarif, misalnya Sanitary and Phytosanitary Measures, petani  atau  eksportir  kita   harus  memahami  benar peraturan yang diterapkan di negara pengimpor.

Kualitas produk pertanian menjadi salah satu parameter keberhasilan produk pertanian dalam  menembus pasar internasional. Oleh karena itu untuk memenuhi persyaratan persyaratan  seperti  dicontohkan di atas, harus ada perhatian ekstra dari  petani  atau  eksportir  untuk  menjaga  agar komoditas yang diekspor dapat memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Kualitas produk  pertanian  juga ditentukan oleh perlakuan panen dan pasca panen. Sebagai contoh,  kerusakan fisik seperti yang didefinisikan sebagai bruising, skin breaks, sangat  mungkin  terjadi pada saat dilakukan pemanenan, external discoloration dapat  terjadi  pada  saat  pengangkutan dari lahan produksi ke gudang, dan sebagainya. Perhatian  terhadap hal-hal teknis semacam ini menjadi suatu keharusan agar produk  pertanian  Indonesia dapat diterima oleh pasar internasional.

Persoalan lain yang juga dapat menjadi penghambat ekspor produk pertanian adalah kebijakan  harga. Hal ini sangat terkait dengan kebijakan pemerintah dalam perdagangan  dan pembangunan  pertanian secara keseluruhan, misalnya apakah ada kebijakan subsidi, insentif  pajak, dan lain-lain sehingga harga komoditas pertanian dapat lebih kompetitif di pasar  internasional.  Sudah menjadi rahasia umum  bahwa  beberapa  Negara  pengekspor  komoditas pertanian melakukan kebijakan subsidi  kepada  petani  sehingga  harga  komoditas  pertanian negara tersebut dapat dijual lebih murah di pasar internasional.

Perdagangan komoditas pertanian juga sangat dipengaruhi oleh proses lobi perdagangan. Lobi perdagangan seringkali tidak terbatas antar pelaku bisnis langsung, namun seringkali  harus  melibatkan  birokrat pemerintah, misalnya atase pertanian. Oleh karena  itu  memperkuat  proses lobi  perdagangan  juga menjadi suatu factor menentukan di dalam  menembus  pasar  internasional.

sumber :                                            

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

desyrofiqoh

be my self

Rhiina's World

Just using blog

dahlanjagung

Welcome in dahlanjagung

ahmadsaepudin90

The greatest WordPress.com site in all the land!

continuetowork

This WordPress.com site is the bee's knees

galantkanchil

mission imposible

BIMBEL LIAPRIVAT

Guru Datang Ke Rumah

aripinsuhendi

A great WordPress.com site

lidya strawbery

i ' m ordinary girl

Usoki-dhanee

Life is Show Time

antonsujarwo145

The greatest WordPress.com site in all the land!

echigituh95

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

aisyah's

EverLastingFriends - Sapphire Blue Kingdom

didikargaristo

A fine WordPress.com site

_YULIA BLOG_

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Setyo Lestari

비 ♥ 스 ♥ 트 *뷰티*

Fithrianti Suci Ramadhan

피트리얀티 수치 라마단

FAIZAL HAJAMI

Hey,.. How Are You ?

tsilhavia

Life is Mine

Ayu Widiyanti

Blog Tentang Data Yang Berada Di Dunia IT

CATATAN OVI

novinuryaningsih.wordpress.com site in all the land!

yayoy91

Just another WordPress.com site

dee regiyaksa

welcome to my blog ♥ 내 블로그에 오신 것을 환영합니다 ♥ 私のブログへようこそ

Walimun_KSI

Just another WordPress.com site

Tanpa Batas

Mengenal Dunia Dengan Membaca...

SHARING.....

Cerdas dengan membaca......

Muhammad RidwaN

Pembelajaran Hidup......"?"

muharomvanholen

Just another WordPress.com site

Enday Was Here

everybody is kungfu fighting

ianmustofa

Just another WordPress.com site

aditiacipta

Just another WordPress.com site

Widia Aditama Blog

Sebuah Sejarah dan Sebuah Nama

tezzanto1991

moving forward. reach a dream. life's an adventure

dolphin

Just another WordPress.com weblog

ekaAriyantini

Kegembiraan sejati tidak berasal dari kemudahan yg menyertai kekayaan atau dari puji-pujian,tetapi dari melakukan sesuatu yang berguna....

imahwahdayani

Wonderfull day :)

Science of Technology

Just another WordPress.com site

lovelyara

Just another WordPress.com site

herta07

Just another WordPress.com site

windykatto

This WordPress.com site is the bee's knees

Kandange Ilmu

Ngilmu Iku Kelakone Kanti Laku

androkit

Sebuah Blog yang ingin Share mengenai android dan IT

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

WELCOME TO OUR WORLD ^^

Simple Record, but Lovely ..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 505 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: